Hasil
survey tingkat Literasi dan Inklusi masyarakat terhadap Industri Keuangan masih
relatif rendah. Sebagai bentuk implementasi Perpres No.82 Tahun 2016 tentang
Strategi Nasional Kuangan Inklusif (SNKI). Diperlukannya suatu Loyalty Program
yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan minat masyrakat terhadap
produk dan jasa keuangan. Produk dan jasa keuangan semakin beragam baik jumlah
maupun jenisnya, sehingga diperlukan pngenalan dan edukasi produk keuangan
kepada masyarakat.
Dilatarbelakangi
hal tersebut, maka Pemerintah menggalang Bulan Inklusi Keuangan dengan maksud
untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai Lembaga Keuangan. Bulan
Inklusi Keuangan adalah Kegiatan Inklusi Keuangan yang dilaksanakan oleh OJK,
Kementrian/Lembaga, Lembaga Jasa Keuangan, dan stakeholders terkait secara
serentak di seluruh wilayah Indonesia selama bulan Oktober dalam rangka
mencapai peningkatan inklusi keuangan yang signifikan.
Pada
tanggal 16 Oktober 2017 Asuransi dan Dana Pensiun Indolife melakukan kegiatan
Edukasi dan Literasi Keuangan yang berlokasi di SDK Santa Maria Cirebon.
Kegiatan tersebut diikuti oleh Bpk. Yakobus Sartam, S.Pd.SD selaku Kepala
Sekolah SDK Santa Maria Cirebon, guru-guru, dan seluruh siswa/siswi SDK Santa
Maria Cirebon. Pada kegiatan tersebut Indolife memberikan Pengetahuan mengenai
pengertian Asuransi, Asuransi Mikro, dan Perencanaan Keuangan yang baik untuk
kehidupan mendatang. Tidak hanya itu saja kami juga memberikan games edukasi
dan menjelaskan mengenai pentingnya asuransi sebagai perlindungan dalam kehidupan
sehari-hari untuk seluruh siswa/siswa
SDK Santa Maria Cirebon. Antusias yang sangat besar kami dapatkan dari SDK
Santa Maria Cirebon. Dengan diadakan acara Edukasi dan Literasi Keuangan tersebut
kami dapat menambah pengetahuan mengenai Asuransi secara umum, seperti
bagaimana konsep asuransi, jenis-jenis asuransi, bagaimana cara memilih
asuransi yang benar, dan lainya.